Jumat, 11 Oktober 2019

Mengajarkan Pada Anak Tentang 4 Area Sensitif Tubuhnya

Akhir-akhir ini, kita sering sekali dibuat miris oleh banyaknya berita tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur. Untuk kita yang punya anak balita di rumah, pasti selain miris juga akan dibikin semakin was-was. Iya kan, Bu?

Maka, selain menjaga anak kita sebaik-baiknya dari ancaman-ancaman bahaya tersebut, kita juga rasanya wajib mebekali mereka dengan bekal pengetahuan dan cara untuk melindungi diri. Rasa waspada mereka harus ditumbuhkan sedini mungkin.


Hal pertama yang harus kita ajarkan pada mereka dalam rangka melindungi mereka dari kejahatan seksual adalah tentang mengajarkan 4 area sensitif tubuhnya.

Tanamkan pada mereka bahwa 4 area sensitif di tubuhnya itu harus dijaga. Katakan pada mereka bahwa hanya keluarga dekatlah yang boleh menyentuhnya. Jika ada orang asing yang mencoba menyentuhnya, ajarkan mereka untuk berteriak, marah dan menghindar.

Apa saja sih 4 area sensitif di tubuh anak yang harus dijaga itu?

Yang pertama tentu saja alat kelamin.

Yang kedua adalah dubur.

Yang ketiga mulut.

Dan yang keempat adalah dada.

Dengan terus menerus sounding, semoga anak kita jadi punya sikap waspada dan bisa melindungi dirinya sendiri sebagai 'pertolongan pertama' saat ada bahaya mengancamnya.

Gimana lagi yaa, Bu... jaman kayak gini, memang harus serba waspada. Terutama waspada pada segala jenis ancaman kejahatan seksual yang menyasar anak-anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)