Kamis, 03 Mei 2018

Yang Harus Dibawa Saat Bepergian Bersama Bayi



Yang harus dibawa saat bepergian  bersama bayi. Dulu, hal semacam ini saya anggap remeh. Gak pernah sama sekali ada niatan mencari tau -- minimal browsing -- soal ini. Ah udah, beginian doang sih gampang lah yaa.

Sama ya kasusnya dengan urusan pumping. Menggampangkan dan sok tau, akhirnya ZONK. Hahaha.


Eh ternyata, gagap juga lho pas awal-awal harus bepergian bawa Faza. Adaaa aja yang ketinggalan. Adaaa aja yang kurang, terus akhirnya senewen sendiri. Sampai-sampai saya sempat malas ikut bepergian. Ribet 😑

Alhamdulillah, lama-lama mulai terbiasa dan jadi makin tau kebutuhan apa saja yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi. Dan biar gak ribet, barang-barang wajib bawa ini biasanya saya sediakan khusus di tas yang biasanya dipakai saat bepergian. Jadi gak perlu keluar-masuk, untuk meminimalisir resiko ketinggalan. Maklum ya, saya ibu anak satu yang agak pikun 😭

Yaudah yok mari dilist apa saja yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi, agar stabilitas nasional terjaga.

1. Toiletries

Ini terdiri dari beberapa item yah. Apa aja?

  • Tissue kering
  • Tissue basah
  • Diaper rash cream
  • Diapers
Untuk diapers, saya selalu bawa lebih dari satu. Kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi, kan? *halah. Jadi buat jaga-jaga ya cari aman, jangan cuma bawa satu.

2. Baju, dll.

Setiap bepergian bersama Faza, meski gak jauh dari rumah, saya selalu bawa baju ganti untuk dia. Minimal satu kaos dan satu celana. Kan bayi, apalagi yang lagi aktif-aktifnya, rawan banget bajunya kotor atau gak sengaja ketumpahan sesuatu gitu ya.

Nah, kalau gak bawa baju ganti kan sedih. Masa berangkatnya rapi jali, pulang-pulang kucel dan dekil?

3. Selimut atau kain untuk alas

Item ini sebenernya sudah mulai saya eliminasi demi berkurangnya isi tas. Tapi kadang juga masih bawa jika bepergiannya agak jauh atau lama.

Kalau saat bayi, ini wajib banget bawa. Untuk apa? Biar kalau Faza tidur, dan harus diletakkan (misal pas makan di warung lesehan), kain atau selimut ini bisa untuk alas, karna kebersihan lantainya kan gak terjamin ya kalau di tempat umum. Apalagi ini bayi, daya tahan tubuhnya belum bener-bener kuat. Kalau kita mah gegoleran di tanah juga oke aja 😂

Paling enak sih kalau pakai geos alias gendongan kaos yah. Jadi 2 in 1. Bisa buat gendong, sekaligus buat kain alas. Empuk dan lembut pula.

4. Makanan dan Minuman

Ini harus, gak boleh lupa. Apalagi untuk orangtua yang berprinsip gak boleh memberi sembarangan makanan ke anak.

Kalau saya, minimal bawa biskuit. Atau kalau memungkinkan ya bawa buah. Jadi jika selama bepergian gak ketemu sama makanan yang ramah anak, kita gak perlu panik. Udah ada persediaan.

Kalau minuman, saya cuma bawa air putih di straw cup-nya Faza. Iya sih air putih gak bawa pun gampang dapetnya. Tapi kalau saya tetep lebih milih sedia sendiri aja. Kenapa bawanya air putih doang? Ya soalnya kalau ASI mah ya otomatis saya bawa lah pabriknya 😂

Udah sih, bagi saya 4 point ini sudah memadahi sekali. Dengan catatan bepergiannya gak jauh-jauh banget, dan gak yang sampai nginep. Kalau sampai nginep sih beda urusan yaa. Daftarnya jauh lebih panjang.

Nah, kalau kalian apa aja yang harus dibawa saat bepergian bersama bayi, moms? Share, yaa... siapa tau masih ada yang kurang di list-ku. Biar makin lengkap 😊


1 komentar:

  1. paling penting emang peralatan Toiletries ya mba hehehe kalau lupa aja wasalam deh :p

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)