Kamis, 20 April 2017

#BincangKeluarga: Saya Nggak Percaya Mitos Ini!

Salah satu tantangan hidup di Indonesia menurut saya adalah kepungan berbagai mitos yang gak masuk akal dan susah dipercaya. Eh atau gak cuma di Indonesia?

Pengennya sih diabaikan saja. Tapi gimana dengan orangtua yang kadang masih percaya sekali dengan mitos tersebut? Saking percayanya, maka ketika kita mengabaikan itu mitos, artinya kita telah menyakiti hatinya. Inilah repotnya -_-



Baca punya Ade:


Lebih repot lagi, hampir di seluruh aspek kehidupan, pasti adaaaa saja mitosnya. Gak terkecuali mitos yang berhubungan dengan bayi dan perempuan yang baru saja melahirkan.

Kenapa bahas tentang mitos yang berhubungan dengan bayi dan perempuan yang baru saja melahirkan? Ya selain karna udah sepakat sama Ade, saya juga baru saja mengalami. Mengalami diingetin begini-begitu soal macem-macem mitos itu.

Sikap saya? Senyumin aja lah. Karna meskipun saya gak percaya dengan mitos-mitos tersebut, yang mengingatkan sebagian besar adalah orang tua. Gak sopan lah kalau bantah. Lagian kalau dibantah mereka juga gak akan jadi sepaham sama saya.

Apa saja sih mitos yang berhubungan dengan bayi dan perempuan yang habis melahirkan yang gak saya percaya?

Ya sebenernya sih gak percaya semua. Haha. Tapi gak mungkin ditulis semua. Nah, ini nih diantaranya...

Perempuan yang habis melahirkan gak boleh tidur siang, apalagi tidur pagi. Soalnya nanti ari-arinya (baca: plasenta) bakal balik lagi ke dalam perut.

Huahaha. Aduh maaf saya gak tahan untuk gak ketawa. Lha gimana, mitos ini terdengar sangat sangat aneh. Dan kejam! Gimana gak kejam? Namanya punya bayi pasti malam begadang dong. Eh lha kok gak boleh tidur siang... apa namanya kalau bukan kejam?! -_- Lagian kalau plasentanya balik, mau lewat mana sih =D

Mitos yang juga gak saya percaya sama sekali adalah soal makanan. Menurut beberapa orang tua di sini, perempuan yang habis melahirkan itu gak boleh sembarangan makan sampai 40 hari. Makannya cuma boleh nasi putih, tahu dikukus, sama garam doang. Ibu saya termasuk yang menjadi korban atas mitos ini saat melahirkan dulu. Katanya kalau makan ikan laut, ayam, dll nanti air susunya amis lah, luka bekas melahirkannya gak sembuh-sembuh lah, dll. Banyak pokoknya alasannya, saya gak hafal. Haha.

Kalau kata salah satu istri pimpinan saya di kantor, mitos tersebut salah satu peninggalan hasil propaganda penjajah. Biar bayi-bayi di Indonesia gak dapet nutrisi terbaik dari ASI ibunya, maka dihembuskanlah mitos tersebut. Tapi wallahu a'lam bener apa gak. Yang jelas saya gak percaya sama sekali sama mitos itu! Perempuan yang habis melahirkan seharusnya makan apapun yang bergizi.

Nahh, kalau mitos yang berhubungan dengan bayi yang gak saya percaya salah satunya adalah soal pemakaian gurita. Katanya kalau gak dipakaikan gurita nanti perutnya buncit. Hadeh plis deh. Dulu saya dipakaikan gurita terus juga tetep aja perut saya buncit *eh =D Kemarin anak saya sempat pakai gurita sih selama sebulan. Tapi bukan karna saya percaya mitos tersebut. Semata untuk menghargai orangtua saja :)

Terus satu lagi. Di tempat saya ada kebiasaan tempat di mana plasenta dikubur harus dikasih lampu. Karna kalau gak, nanti bayinya rewel karna 'saudaranya' selama dalam kandungan ada dalam kegelapan =D Buktinya udah dikasih lampu 20 watt kalau si bayi pengen nenen gak dikasih juga tetep aja nangis =P

Masih banyaaakkk sekali sih sebenarnya. Saya gak hafal =D

Yang jelas sih kalau saya pribadi, lebih memilih untjk gak mendebat orang yang mempercayai mitos-mitos tersebut. Apalagi kalau orangtua. Berusaha jelasin sebisa saya, tapi kalau beliaunya kekeuh tetep percaya, ya sudah. Alhamdulillahnya, ibu saya bukan lagi orang yang kaku soal mempercayai mitos. Beliau sudah mulai open minded. Jadi saya gak perlu terlalu tersiksa gara-gara mitos di atas. Hehe.

Kalau di daerah kalian ada mitos apa saja yang berhubungan dengan bayi dan perempuan yang habis melahirkan?

2 komentar:

  1. Mitos banget mbaaaa, kata obgynku jangan dipantang. Kita boleh makan daging, ikan, telur, dsb. Justru ibu melahirkan butuh banyak protein untuk recovery. Aku habis sc malah disuruh makan 6 butir putih telor sehari ampe blenek hehehe... Alhamdulillah jahitannya bagus dan cepat kering. Yeyeyeye... Nurut sama dokter aja lah kalo soal kesehatan hihi

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)