Rabu, 01 Maret 2017

#BincangKeluarga: Baper Dengan Postingan Orang Lain di Media Sosial

Baper dengan postingan orang lain di media sosial. Pernah? Ya pernah bangeettttt lah, ahahaha.

Iya, jujur saya akui bahwa saya itu orangnya gampang sekali baper. Apa-apa dibawa perasaan. Dulu sebelum nikah, melihat teman memposting foto bersama pasangan halalnya, duh saya pasti langsung klojotan bapernya. Haha.

Terus setelah nikah berarti udah gak baperan lagi dong? Ya masih laaah. Tema bapernya aja yang ganti. Hihi. Apalagi sejak hamil. Hadehh, baper saya sering gak ketulungan.



Baca punya Ade:


Saat awal-awal masa kehamilan, saya sempat baper melihat postingan para ibu di media sosial, dan kebaperan tersebut bikin saya lumayan stress. Bikin saya ragu sama diri sendiri, bisakah saya jadi ibu yang baik kelak?

Emang postingan apa sih?

Yah, postingan-postingan semacam "Alhamdulillah, makannya dek xxx (nama anaknya) lahap sekali. Bahagianya bisa selalu membuatkan sendiri MPASI untuknya bla bla bla"

Atau foto seorang ibu yang sedang bermain bersama anaknya dengan caption "Senangnya bisa selalu mendampingi tumbuh kembang anak. Gak bisa bayangin kalo saya harus kerja kantoran, dan membiarkan anak diasuh orang lain".

Huaaa, pengen nangis kejer, sumpah. Secara, saya kerja kantoran dan belum ada rencana untuk resign meski sudah melahirkan nanti. Belum lagi soal MPASI, yang semakin saya pelajari, semakin bikin saya pusing. Gimana enggak, di grup MPASI di facebook, saya membaca sekian banyak ibu yang konsultasi tentang menu MPASI anaknya. Dan sebagian besar masih dinilai MASIH SALAH oleh admin. Subhanallah... kasih makan anak tuh apa iya sesusah itu???

Tapi lama-lama saya mikir. Terima kasih sebelumnya untuk tulisan-tulisan para Blogger yang mengantar saya pada pemikiran ini.

Buat apa sih baper dengan postingan orang lain di media sosial? Bukankah di media sosial, orang akan berlomba-lomba menampilkan sisi terbaik kehidupan mereka? Termasuk saya dong pastinya. Biasanya jarang-jarang masak buat suami, sekalinya masak pasti langsung difoto dan diupload ke media sosial. Biar lebih mantep, kasih caption, "bahagianya bisa masak buat suami bla bla bla". Haha. Itu cuma satu dari sekian buanyak contoh.

Mari kita akui saja, bahwa kita pasti akan berusaha menampilkan sisi terbaik kehidupan kita di media sosial. Dan itu sama sekali gak salah.

Ya buat apa orang tau sisi suram hidup kita? Masa' iya berantem sama suami di-share? Masa' iya emosi sama anak bilang-bilang?

Saya jadi ingat salah satu teman yang hamil lagi, padahal anak pertamanya baru umur setahun. Di media sosial, dia kelihatan bahagia. Bilang, gak papa repot-repotnya sekarang, nanti anak-anak gedhe dia masih muda, tinggal santai perawatan di salon. Saya yang baru hamil anak pertama sempat baper. Duh, umur segini baru hamil anak pertama. Nanti anak-anak gedhe saya sudah tuwir dong -_-

Eh ternyata pas ketemu langsung, dia cerita, saat pertama kali tau dia hamil lagi, dia frustasi berat. Bahkan sempat ngamuk dan menyalahkan sang suami atas kehamilannya. Ealaahhh ee... kirain beneran bahagia sepenuh jiwa seperti yang terlihat di media sosial =D

Jadi, buat apa baper dengan postingan orang lain di media sosial, jika kita tau bahwa hidup mereka pastilah ga sesempurna yang ia tampilkan. Sama seperti hidup kita. Mari selalu ingat bahwa selalu ada hal-hal baik dalam hidup kita yang patut disyukuri, tanpa harus membandingkannya dengan hidup orang lain. *teorinya gampil banget. Haha.

Baper gak bakal bawa kita ke mana-mana. Ia hanya akan membawa kita menjadi seseorang yang hatinya gak tenang dan sulit bersyukur.

Kalian pernah baper juga gak dengan postingan orang lain di media sosial? Atau malah sering banget? =P

2 komentar:

  1. Aku pun pernah baper haha. Apalagi soal ibu yang nunjukkin MPASI full home made. Ah, apalah daya aku cuma bisa kasih instan krn waktu itu lagi repot renovasi rumah hiks. Tapi sekarang sih udah sebodo amat ya. Krn buat apa juga. Toh yang tau anak kita, ya kita sendiri :D

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)