Selasa, 04 Februari 2020

Melakukan Kebaikan

Notes: Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas Pengikat Makna 1 kelas Habituasi Sejuta Cinta Institut Ibu Profesional.

Katanya, kebaikan itu menular. Satu kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain, bisa jadi akan terkenang oleh si penerima kebaikan. Dan suatu saat, membuat dia termotivasi untuk melakukan kebaikan serupa pada orang lain lagi.

Bayangkan jika setiap orang punya keinginan untuk melakukan kebaikan. Niscaya dunia akan diisi oleh kebaikan demi kebaikan yang saling bersambungan.

Jangan mengeluh tentang wajah dunia hari ini yang penuh dengan ketidakbaikan. Terkikisnya rasa simpati dan empati ketika melihat kesulitan orang lain. Coba tanya pada diri sendiri, di mana posisi kita?

Jangan-jangan, kita punya andil yang membuat wajah dunia semakin suram nan kelabu.

Kebaikan itu tidak berarti harus mengumrohkan semua sanak saudara. Bukan tentang memberi makan beratus-ratusan fakir miskin. Bukan hanya tentang hal-hal sebesar itu.

Kebaikan bisa kita mulai dari hal terkecil yang kita mampu.

Apa contohnya?

Berikut adalah kebaikan yang saya kerjakan di hari kemarin:

1. Menyediakan waktu untuk mendengarkan keluh kesah seorang teman melalui chatt Whatsapp

Sepele? Ya, sangat sepele. Apa sih, sekedar nyimak chatt dan bales.

Tapi mungkin enggak untuk teman saya. Dia yang saat ini sedang meniti kehidupan baru dan harus tinggal seatap dengan mertua karna suatu hal, ada orang yang bersedia menyimak unek-unek dan perasaannya mungkin bukan hal sepele. Apalagi dia bercerita pada saya yang sudah 3  tahun seatap dengan mertua.

Selain menyimak chattnya dengan baik, saya juga berusaha menyempurnakan kebaikan yang saya lakukan untuknya dengan tidak men-judge apapun yang ia katakan. Saya berusaha untuk menjadi sebaik-baik pendengar untuknya.

Dengan kebaikan yang sepele itu, Alhamdulillah di akhir obrolan kami, dia bilang merasa sudah plong dan bisa kembali bercanda lagi.

2. Memasak Untuk Anak

Saya adalah seorang ibu bekerja. Yang artinya, saya punya banyak sekali keterbatasan untuk mencurahkan cinta saya pada anak. Tidak seperti ibu-ibu lain yang bisa senantiasa menemani anaknya bermain, saya hanya punya sedikit sekali waktu yang saya khususkan untuk anak.

Tapi apakah artinya saya jadi nggak bisa mengungkapkan cinta saya padanya lewat kebaikan-kebaikan kecil untuknya?

Bisa, tentu saja bisa.

Di antaranya, saya selalu berusaha memasakkan makan pagi dan siang untuknya, sebagai bekal selama saya di kantor. Adakalanya saya malas. Masak itu capek kan? Beli aja gampang.

Tapi saya ingin kebaikan kecil yang saya kasih ke dia ini akan membekas di hatinya. Saya ingin, tubuhnya tumbuh dan berkembang sebagian besarnya adalah dari apa yang dihasilkan tangan saya.

3. Membuatkan Teh untuk Suami

Seperti waktu saya yang terbatas untuk mencurahkan cinta pada anak, begitu pula kondisi saya pada suami. Karna kami sama-sama bekerja dari pagi sampai sore, waktu kami bersama sangat terbatas.

Tapi sekali lagi, hal itu sama sekali tidak menghalangi kita untuk saling mencurahkan cinta.

Saya dengan segala keterbatasan, berusaha untuk melakukan kebaikan-kebaikan kecil untuknya.

Di antaranya, membuatkannya teh sepulang dari kerja. Bagi saya, itu kebaikan yang sangat sepele. Tapi ternyata enggak bagi suami saya. Bagi beliau, meminum teh hasil adukan istri itu nikmatnya mampu meluruhkan segala lelah setelah seharian beraktivitas.

See?

Ternyata melakukan kebaikan bisa dilakukan dengan semudah itu. Sesepele itu.

Yuk, jangan berhenti melakukan kebaikan.

Jumat, 10 Januari 2020

Pelajaran Tentang Keluarga Dari Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Akhirnya nulis lagi di sini!

Saya bukan termasuk orang yang hobi nonton. Tapi adakalanya ada film-film tertentu yang saya merasa 'wah, kayaknya harus nonton nih!'. Dan entah kenapa, seringnya yang saya pengen banget nonton adalah film-film bertema keluarga.

Kemarin akhirnya nonton lagi, setelah setahun lalu (di bulan Januari juga) nonton Film Keluarga Cemara. Yang saya tonton, apalagi kalau bukan film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Tadinya bingung sih mau nulis tentang film ini di blog ini, atau di rosasusan.com. Tapi karna yang pengen saya tulis adalah pelajaran tentang keluarga yang bisa diambil dari film ini, kayaknya lebih cocok saya tulis di blog ini :)

Ohya, mungkin sedikit banyak tulisan ini akan mengandung spoiler. Mohon maaf. Kalau yang nggak berkenan, jangan lanjut baca ya. Sampai sini aja :)



Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini bercerita tentang sebuah keluarga. Terdiri dari ayah ibu dan tiga anaknya. Konflik yang disajikan adalah seputar hubungan antar anggota keluarga. Terutama hubungan ayah dan anak-anaknya.

Sepanjang nonton, benak saya penuh dengan kilasan-kilasan wajah keluarga saya. Karna kebetulan, semua tokoh utama di film NKCTHI ada semua cerminannya dalam diri orang-orang terdekat saya. Lihat ayahnya ingat bapak dan mertua. Lihat Angkasa ingat kakak sulung dan anak sulung saya. Lihat Aurora ingat kakak laki-laki dan suami saya. Lihat Awan, ingat diri saya sendiri. Hehehe.

Maka, nggak bisa dipungkiri, selama nonton, otak saya juga sambil terus berpikir. Apa yaa pelajaran yang bisa saya ambil dari film ini? Dan berikut ini, adalah beberapa pelajaran yang akhirnya berhasil saya dapatkan, setelah merenung dan meresapi cerita film Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini.

Pelajaran dari sisi sebagai sosok orangtua

Saya percaya, (hampir) gak ada orangtua dengan anak lebih dari satu yang dengan sengaja ingin membeda-bedakan kasih sayangnya ke masing-masing anak. Pengennya mah pokoknya sayang ke semua anak.

Tapi bagaimanapun, orangtua kan tetap manusia biasa. Saat lihat ada satu anak yang jauh lebih menonjol dari anak lain, secara manusiawi biasanya akan jadi lebih condong ke si anak tersebut. Dan saya pernah baca soal ini, katanya itu wajar

Begitulah yang terjadi pada sosok Ayah dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini, dalam memperlakukan 3 anaknya. Angkasa, Aurora dan Awan. Sosok ayah dalam film ini digambarkan punya kecenderungan hati yang jauh lebih besar pada salah satu anaknya.

Intinya, kecenderungan hati ke salah satu anak itu wajar dan manusiawi. Tapi tetap usahakan nggak terlalu mencolok agar anak yang lain tidak jadi merasa dibedakan atau diabaikan. Apalagi jika 'lebih sayang'nya hanya karna urutan lahir. Jauh lebih sayang dan perhatian ke anak bungsu, misalnya. Rasanya itu jauh lebih nggak adil untuk anak dibanding jika lebih sayangnya karna prestasi yang lebih menonjol.

Salah satu dampak buruk dari 'perbedaan' sayang ke masing-masing anak ini adalah hubungan antara kakak beradik yang kadang jadi tidak harmonis. Karna dipicu perasaan cemburu. Kan pasti sedih ya kalau lihat anak-anak kita nggak akur. Apalagi kalau penyebabnya adalah kita sendiri :(

Pelajaran kedua yang saya ambil adalah tentang cara kita sebagai orangtua untuk menunjukkan rasa sayang. Kadang kita sebagai orangtua tuh maunya cuma menunjukkan rasa sayang, tanpa mau tau apakah cara sayang kita itu berkenan atau enggak ke anak.

Seperti si ayah dalam film NKCTHI, yang selalu menjawab segala keluhan anaknya tentang sikap si ayah dengan kalimat, "Ayah kayak gini kan karna sayang sama kamu!"

Sounds familiar?

Ego sebagai orangtua yang merasa lebih tau kadang bikin orangtua jadi enggan mendengarkan keluh kesah anak tentang cara kita memperlakukan mereka. Karna bisa jadi, cara kita menyayangi anak justru diartikan lain dan negatif oleh anak. Jadi, jangan segan mendengarkan mereka.
 
Pelajaran ketiga tentang zona nyaman. Saking sayangnya sama anak-anaknya, sosok Ayah dalam film NKCTHI berusaha sekuat tenaga untuk membuat anaknya ada di kondisi nyaman. Ia berusaha keras agar istri dan anak-anaknya tidak perlu merasakan perasaan sedih. Bahkan pada salah satu anaknya, ia selalu turut campur di segala sisi kehidupan si anak. Termasuk, selalu mencarikan solusi untuk segala permasalahannya.

Akhirnya, anaknya tumbuh jadi anak yang merasa tidak utuh. Karena tidak pernah merasakan mengambil keputusan. Tidak pernah merasakan gimana caranya mencari solusi untuk masalahnya sendiri, dll.

Pelajaran yang saya ambil sebagai orangtua, sayang boleh. Tapi bukan berarti kita harus selalu menempatkan anak di zona nyaman terus-terusan. Adakalanya dia perlu merasakan sedih. Merasakan gagal. Merasakan kecewa. Karna semua itulah yang justru akan membuat mereka tumbuh menjadi sosok tangguh.

Pelajaran dari sisi sebagai sosok anak

Dari sisi sebagai seorang anak, pelajaran yang diambil cuma dikit sih, cuma satu. Tapi dalem. Dan bikin saya jadi lebih paham perasaan Bapak saya.

Ayahnya Angkasa, Aurora dan Awan mungkin awalnya punya kesan buruk di mata anak-anaknya. Tapi satu yang mereka akhirnya tau. Alasan dari semua sikap ayah mereka adalah karna rasa sayang yang terlampau besar pada mereka.

Pelajaran yang saya ambil, orangtua - terutama ayah - seringkali menjadi orang yang sebenarnya paling keras berusaha untuk membahagiakan istri dan anak-anaknya, tapi sekaligus sering tidak bisa menginterpretasikan rasa sayang tersebut dengan cara yang benar. Salah satu sebabnya mungkin karna kurang mendengarkan istri dan anak-anaknya.

Saya jadi inget Bapak. Kasihan ya mereka itu. Berusaha keras, tapi malah diartikan negatif sama anak-anaknya. Huhu.

Ada yang sudah nonton Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini juga? Cerita dong, pelajaran apa yang kalian ambil dari film ini?

Kamis, 12 Desember 2019

5 Wisata Kuliner di Bogor Utara yang Wajib Untuk Kalian Coba

Hallo gaes kembali lagi bersama aku nih. Jika sebelumnya aku udah jelain tentang beberapa wisata kuliner yang ada di bogor kota, nah kali ini aku akan jelasin tentang wisata kuliner yang ada di bogor utara ya. Sebenarnya baik bogor kota maupun bogor utara, wisata kulinernya tak jauh berbeda dan sama-sama lezat untuk kalian coba. Namun ada beberapa kuliner khas bogor utara yang populer sebagai cinderamata daerah puncak nih gaes.

Wisata Kuliner di Bogor Utara Enak Tapi Murah


Tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang ya gaes jika kalian berwisata kuliner yang ada di bogor utara ini, karena kuliner yang ada di bogor utara ini umumnya memiliki harga yang murah tetapi rasanya tetap enak. Jadi walaupun murah kalian akan tetap mendapatkan kuliner yang enak dan juga nikmat tentunya. Oke langsung aja nih biar kalian ngga penasaran, dibawah ini merupakan 5 wisata kuliner di bogor utara paling rekomended untuk dicobain.

1.    Restoran Bumi Aki

Wisata kuliner di bogor utara pertama yang wajib kalian kunjungi saat kalian pergi ke puncak adalah restoran bumi aki. Buat kalian yang suka dengan cita rasa masakan sunda bisa banget nih gaes restoran bumi aki menjadi destinasi wisata kuliner kalian di bogor utara. Salah satu menu andalan disini adalah gulai kambing gaes, emmm siapi sih yang tak suka jenis kuliner yang satu ini. Gulai kambing restoran bumi aki terkenal akan gulainya yang gurih dan daging kambingnya yang empuk serta porsi yang banyak. Dijamin puas deh kalau kalian mengujungi restoran bumi aki ini.

2.    Restoran Rindu Alam Puncak

Kalau ngomongin tentang salah satu restoran terbaik yang ada di puncak, tentu saja nama restoran rindu alam puncak ini ngga boleh kalian lewatkan dari list wisata kuliner kalian ya gaes. Soalnya disini terdapat sekali banyak menu kuliner yang sangat cocok untuk kalian santap di hawa dingin puncak bogor ini. Salah satu menu andalan yang ngga boleh kalian lewatin nih gaes yaitu sate ayam puncaknya. Daging sate ayam khas restoran alam puncak ini memiliki daging yang empuk, dan bumbu yang sangat khas, pokoknya ngga bakalan nyesel deh kalau kalian pergi ke restoran yang satu ini.

3.    Sate Kambing Hanjawar

Jika sebelumnya ada menu sate ayam terbaik di puncak, nah ada satu lagi jeis sate terbaik yang ada di puncak nih gaes namanya sate kambing hanjawar. Sate kambing hanjawar merupakan salah satu kuliner yang selalu ramai di kunjungi wisatawan seharinya loh gaes. Hal ini tak lain dan tak bukan karena sate kambing hanjawar ini memiliki kualitas daging kambing terbaik memiliki potongan daging kambing yang pastinya akan memuaskan kalian saat mencicipinya. Untuk itu jika kalian pergi ke puncak, sate kambing hanjawar ini ngga boleh kalian lewatkan ya gaes.

4.    Sate Shinta

Buat kalian yang sama-sama menyukai sate ayam maupun sate kambing, kalian bisa cobain nih makan sate di restoran sate shinta. Disini kalian akan mendapati beragam jenis sate ayam dan sate kambing yang angat populer di bogor. Salah satu penyebab tempat makan ini sangat laris setiap harinya adalah karena tekstur dgingnya yang empuk dan tidak alot saat di makan. Jadi sate shinta ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang patut kalian coba gaes saat berlibur ke puncak.

5.    Foresthree

Destinasi wisata kuliner terakhir yang bisa kalian coba saat kalian ada di bogor utara adalah foresthree. Resto yang satu ini sangat cocok sekali untuk kalian yang menyukai makanan modern dengan harga yang terjangkau. Konsep restonya juga sangat unik loh gaes, didalam resto ini terdapat sebuah pohon buatan yang tentunya instagramable banget nih buat kalian yang suka sekali foto selfie. Pemandangan luarnya pun sangat menarik karena langsung menghadap pegunungan yang menimbulkan hawa sejuk tentunya. Pokoknya ngga bakalan nyesel deh kalau kalian pergi ke resto yang satu ini.

Itu tadi gaes 5 wisata kuliner di bogor utara paling recomended yang bisa kalian cobain dan beberapa wisata lainnya bias cek di artikel ini https://www.cekaja.com/info/daftar-tempat-wisata-kuliner-enak-di-bogor-dengan-harga-murah/. Tentu saja sebenarnya masih banyak lagi si beberapa wisata kuliner yang ada di bogor utara tetapi ngga bisa aku sebutin satu persatu. Semoga bermanfaat.

Rabu, 11 Desember 2019

Kuliner di Banda Aceh yang Murah

Menikmati wisata kuliner di Banda Aceh tentunya akan menjadi hal yang tak terlupkan. Berikut ini kami sajikan informasi mengenai Kuliner di Banda Aceh yang Murah.

Yuk Lirik Kuliner di Banda Aceh yang Murah

credit: pixabay
 
Sie reuboh

Makanan Aceh yang satu ini berupa olahan daging sapi yang direbus beserta bumbu khas Aceh yang legendaris. Rasa dagingnya yang empuk berpadu dengan aroma bumbunya akan semakin menggugah selera makan Anda. Sie Reuboh diolah bersama gapah yang diberi bumbu cabai rawit, cabe kering, cabai merah, garam, dan kunyait. Ketiga jenis cabai tersebut digiling namun sengaja masih dalam keadaan kasar agar dapat lengket di permukaan dagingnya. Setelah air rebusannya matang dan gapahnya kering, daging ini akan dibiarkan dalam belanga selama kurang lebih satu malam. 

Saat esok hari telah tiba, daging kembali dipanaskan sehingga gapah yang membalut daging akan ikut meleleh, setelah itu cuka enau dan air disiramkan dan dibiarkan meresap ke daging hingga kering dan didapat daging yang empuk. Makanan ini dapat bertahan selama berbulan-bulan . sie reubah masih dapat diolah lagi menjadi aneka makanan lain seperti dibuat kuah asam keung, dijadikan rendang, abon, dan dimasak lemak. Anda dapat membelinya dengan harga mulai 30 ribu rupiah per porsinya.
Kuliner ini juga mudah Anda jumpai, salah satunya di rumah Makan Delima Baru yang terletak di jalan lintas Medan-Banda Aceh, Aceh Besar yang buka setiap pukul 10.00 hingga 16.00 

Cocomix Ice Cream desert

Berkumpul bersama orang terdekat tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kuliner di Banda Aceh yang murah ini adalah pilihan yang pas jika Anda berkunjung ke Banda Aceh. Disini dijual es krim yang sangat lezat yang akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan. Selain es krim, Anda juga harus mencoba mie terbang yang tak kalah lezatnya. Tekstur mie yang kenyal berpadu dengan bumbu yang kuat akan membuat lidah Anda ingin terus untuk  mencicipinya. 

Canai Mamak Kuala Lumpur

Tempat makan yang satu ini menyediakan aneka kuliner malaysia. Diantaranya Anda dapat menikmati roti canai yang sangat lezat saat disajikan bersama kuah kari ayam ataupun kari daging yang kental. Anda dapat mencoba canai dengan beberapa varian yaitu boom keju, kosong kari, coklat, srikaya, telor bawang kari, dan juga varian lainnya. Selain roti terdapat juga menu nasi diantaranya nasi lemak, nasi goreng, dan juga aneka olahan mie. Anda juga dapat menikmati aneka minuman seperti juice tomat, teh tarik, es millo tarik, dan lainnya dengan harga yang bersahabat yaitu sekitar 10 ribu hingga 35 ribu rupiah. Restoran ini dapat Anda jumpai di jalan Teuku Umar, no. 51 Setui, Banda Aceh.

Sate Matang dek Wan

Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu yang sangat memanjakan lidah. Tidak seperti umumnya, sate khas yang satu ini  dihidangkan bersama nasi hangat. Dalam Kuah pelengkap terdapat daging dan juga tulang yang semakin melengkapi kelezatan sate matang. 

Mie Ayah

Tempat ini terletak di jalan Wendana, Lhong Raya, Banda Raya, Kota Banda Aceh, 23231. Tempat ini sudah ada sejak 25 tahun silam dan masih eksis sampai sekarang. Berbagai menu dapat Anda coba disini seperti kepiting dan juga martabak yang diberi bumbu rahasia yang diolah secara turun temurun. Tempat makan yang satu ini belum memiliki cabang dan masih murni dikelola oleh pemiliknya sendiri. Pada bagian depan tempat ini, Anda akan menjumpai kepiting hidup dan es batu yang berada pada sebuah kotak alumunium. 

Selanjutntya Anda juga Akan menjumpai tempat penggorengan yang sudah biasa digunakan untuk mengolah martabak aceh. Anda dapat memilih kepiting sendiri.  Setelah itu Anda akan menikmati mie Ayah yang disajikan bersama daging kepiting dan juga potongan daun bawang. Sensai gurih pedas dan juga perpaduan daging kepiting yang sedikit manis semakin melengkapi kelezatan kuahnya. Anda dapat membayar senilai 60 ribu rupiah untuk dapat menikmati hidangan yang satu ini. Masih tergolong dalam harga standar untuk makanan dengan cita rasa yang lezat.

Itulah beberapa informasi mengenai kuliner murah di Banda Aceh yang dapat Anda coba. Dapatkan informasi lainnya di https://www.cekaja.com/info/rekomendasi-wisata-kuliner-di-banda-aceh-dengan-harga-murah-mangat-taht/, semoga bermanfaat.


Selasa, 10 Desember 2019

Ngobrol dengan Pasangan Tentang Seks, Kenapa Harus Malu?

Lagi-lagi, saya mau cerita soal Vlognya Ussy dan Andhika. Hihi, dimaklumin yaaa, lagi suka sama vlognya mereka emang.

Beberapa hari lalu, mereka baru saja mendatangkan Mbak Zoya Amirin ke konten Basa-Basi mereka. Mbak Zoya Amirin adalah seorang seksolog. DI Vlog tersebut, beliau banyak membagikan pengetahuan tentang seksologi, khususnya dalam kehidupan rumah tangga.

credit: pixabay
Menurut Mbak Zoya, seks memegang peranan yang sangat penting dalam rumah tangga. Ketika kehidupan seks dalam sebuah rumah tangga berjalan baik, maka kemungkinan terjadinya konflik hanya berkisar 30%. Tapi ketika kehidupan seks dalam rumah tangga berjalan kurang baik, prosentase konfliknya berubah menjadi 70%.

Wow. Signifikan sekali kan berarti.

Saya jadi kepikiran sama beberapa hal, yang terkait tema ini.

Kalau seks dalam rumah tangga memegang peranan sepenting itu, artinya hal ini harusnya menjadi sesuatu yang dikomunikasikan dengan sangat baik bersama pasangan. Iya, kan?

Sayangnya, saya masih sering ketemu orang yang berstatus istri, masih merasa ngobrol tentang seks dengan pasangan merupakan hal yang tabu. Mereka masih sangat terikat budaya patriarki, yang merasa bahwa dia adalah semata objek penyaluran hasrat seksual suami. Akhirnya, mereka pasrah aja ketika merasakan ketidaknyamanan. Telan aja lah, ibaratnya.

Baca juga: Pentingnya Kencan dengan Suami

Akibatnya, banyak istri yang nggak enjoy ketika melakukan aktivitas biologis tersebut. Menganggap bahwa kegiatan tersebut semata-mata hanya untuk menggugurkan kewajiban. Dan yang kayak gini, yakin deh pasti nggak nyaman banget rasanya. Huhu.

Jujur saya beberapa kali bertemu dan ngobrol dengan istri yang mainsetnya seperti itu. Menganggap kegiatan seks adalah kegiatan super menjengkelkan, yang mereka lakukan semata-mata untuk menjalankan fungsinya sebagai seorang istri yang wajib melayani suami.

Padahal harusnya kan enggak gitu. Seks dalam rumah tangga itu bukan hanya untuk suami, tapi juga untuk istri. Dua-duanya harus bahagia ketika melakukannya. 

Nah, gimana caranya biar dua-duanya -- baik suami maupun istri -- enjoy dan mendapatkan kebahagiaan melalui kegiatan tersebut? Lagi-lagi, kuncinya komunikasi. Nggak perlu malu, apalagi merasa tabu. Kan sama suami/istri sendiri. Bukankan suami/istri adalah pakaian bagimu? Kalau sama orang lain, itu baru wajib malu.

Nggak perlu ragu ngobrol tentang waktu, tempat, gaya, dll yang bikin nyaman atau bikin nggak nyaman dari masing-masing sudut pandang. Kalau ada yang kurang cocok, diskusikan dan cari jalan tengahnya.

Tapi tentu nggak bisa cuma salah satu yang membuka diri soal pentingnya komunikasi ini. Kalau istri, misalnya, mengungkapkan ketidaknyamanannya, lalu suami bersikap defensif dan langsung tersinggung, ya nggak akan ketemu titik tengahnya. Begitu juga sebaliknya.

Budaya patriarki memang membuat PR tentang tema ini lumayan berat sih. Masih banyak yang dengan saklek menganggap istri wajib melayani suami apapun kondisinya. Alhasil, banyak laki-laki yang memaksa istrinya, meskipun dalam kondisi lelah atau bahkan sakit. Padahal, kalau dalam Islam, selain istri punya kewajiban melayani suami, suami juga punya kewajiban untuk memperlakukan istri dengan cara yang ma'ruf (baik). Makanya, memang harus dua-duanya yang membuka hati dan pikiran. Nggak bisa salah satu saja.

Jika ternyata kalian adalah pasangan yang belum pernah diskusi dan ngobrol tentang tema ini, jangan  ragu untuk memulai. Siapa tau pasangan kalian bukannya nggak mau ngobrolin ini, tapi nggak tau gimana cara memulainya. Pastikan saja situasi dan kondisinya mendukung, dan jangan lupa cari cara ngajak ngobrol yang enak.

Karna dalam konteks rumah tangga, seks seharusnya bukan lagi hal yang dianggap tabu. Nggak perlu malu, selama obrolan yang diangkat memang bertujuan untuk menjadikan rumah tangga berjalan dengan lebih harmonis. Bahkan dalam Islam, ini merupakan bagian dari ibadah. Gimana mau melakukkannya dalam rangka beribadah, kalau kita terus-terusan dihantui rasa nggak nyaman dan keterpaksaan. Bukannya ibadah itu harus ikhlas? 😊

Senin, 09 Desember 2019

Kuliner Murah di Yogyakarta 2019 Sekaligus Enak

Yogyakarta merupakan kota pelajar dan wisata yang tidak ada matinya di tanah air. Kota yang juga terkenal akan budaya Jawa yang sangat kental ini menghadirkan berbagai wisata untuk turis dari mulai wisata hingga kulinernya. Jika Anda berniat untuk berkunjung ke Yogyakarta di tahun ini, tidak ada salahnya jika Anda riset berbagai tempat kuliner murah di Yogyakarta 2019 yang enak dan terkenal.



Ada berbagai jenis panganan yang ditawarkan oleh provinsi terkecil di Indonesia ini. Makanan asli lokal nusantara seperti gudeg tentu sangat sayang jika tidak Anda cicipi saat berkunjung. Selain gudeg, masih banyak panganan lain yang juga tidak kalah enak namun tetap murah. Beberapa tempat kuliner tersebut bahkan sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dengan rasa yang sangat mantap.

Beberapa Kuliner Murah di Yogyakarta 2019 dan Enak

1. Gudeg

Siapa yang belum pernah mengenal makanan gudeg? Makanan yang menjadi ciri khas Yogyakarta dan bahkan sangat sulit ditemukan di luar Yogyakarta ini adalah makanan yang populer namun juga murah untuk masyarakat. Anda bisa menikmati gudeg khas Yogyakarta di berbagai warung makan khusus gudeg ataupun pedagang lesehan yang menggelar lapaknya di tepian jalan.

Salah satu gudeg fenomenal dan sudah berdiri sejak zaman penjajahan Jepang adalah gudeg Mbah Lindu. Gudeg Mbah Lindu berlokasi di daerah Malioboro yang memang menjadi sentra wisata belanja. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sajian gudeg yang dijual di restoran besar seperti gudeg Yu Djum, gudeg Bu Ahmad ataupun gudeg Yu Narni.

2. Gado-Gado dan Lotek Bu Ning

Warung makan lotek dan gado-gado ini merupakan warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Memiliki cita rasa yang terus dipertahankan sejak lama, warung makan ini sangat digemari oleh para penggemar sajian sayur mayor sehat. Untuk menuju ke warung makan ini, Anda hanya perlu berjalan sekitar 10 menit saja dari Kraton Yogyakarta ataupun Malioboro.Warung ini terletak di dekat Tamansiswa.

3. Angkringan Lik Man

Angkringan adalah tempat dimana orang-orang saling melepas penat sekaligus mengobrol dengan orang-orang yang bahkan baru dikenalnya. Jika ke Yogyakarta, tidak ada salahnya Anda mencoba menikmati jajanan dan makanan ringan seperti sego kucing, gorengan, kopi di angkringan. Salah satu angkringan fenomenal adalah Angkringan Lik Man yang terletak di daerah Stasiun Tugu. 

Angkringan Lik Man cukup fenomenal karena memang sudah berdiri sejak tahun 1969 dan merupakan angkringan yang pertama kali ada di Yogyakarta. Di angkringan ini, Anda bisa menikmati suasana malam hari kota Yogyakarta sembari menikmati jajanan ringan dan mengopi. Sajian utama dan khas dari Angkringan Lik Man adalah Kopi Joss yang diberikan arang membara ke dalamnya. 

4. Warung Makan Lotek Teteg

Warung makan lotek Teteg berlokasi di dekat Stasiun Lempuyangan tepatnya di sisi timurnya stasiun. Karena berlokasi di salah satu pusat transportasi umum Yogyakarta, warung makan ini sangat ramai dikunjungi orang. Hal yang menarik dari warung makan lotek Teteg adalah porsinya yang super jumbo dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Ingin merasakan lezatnya masakan super pedas di Yogyakarta? Anda bisa mengunjungi warung makan Oseng Mercon Bu Narti yang berlokasi di Jalan K. Haji Ahmad Dahlan, tepatnya di Gang Purwodiningratan Yogyakarta. Yang menjadi menu andalan dan paling banyak dicari di warung makan ini tentunya adalah menu osengnya yang super duper pedas di lidah.

Osengnya sendiri dibuat dari campuran gajih, tulang muda, kikil dan juga kulit sapi. Campuran dengan berat 50 kg ini kemudian akan dicampurkan oleh cabai sebanyak 6 kg yang memang super pedas. Jika Anda ingin merasakan sensasi yang super pedas, maka pada malam Minggu sajian ini akan dibuat lebih pedas lagi.

Selain lima tempat kuliner murah di Yogyakarta 2019 di atas, sebenarnya masih banyak lagi lokasi kuliner menarik lainnya. Anda bisa mengecek berbagai tempat wisata kuliner murah melalui website https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/. Berbagai pilihan kuliner seperti soto, nasi goreng, mie ayam dan banyak lainnya bisa Anda kunjungi di Yogyakarta.

Sabtu, 07 Desember 2019

Waspadai! Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang jika ditemukan keberadaannya di dalam tubuh, akan menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Pasalnya, sel-sel kanker yang berawal dari bagian payudara ini sangat mungkin untuk menyebar hingga ke organ-organ lainnya. Jika sudah demikian, maka harapan hidup bagi sang penderita sangatlah kecil. Oleh sebab itu pula, wajib bagi kita waspada terhadap tanda-tanda terjadinya kanker payudara.




Selama ini mungkin kita mengira bahwa kanker payudara hanya ditandai dengan adanya benjolan. Akan tetapi, kenyataannya kanker payudara ini bisa saja ditandai dengan gejala lainnya. Tentu hal ini menunjukkan bahwa, benjolan bukan merupakan satu-satunya tanda bagi seseorang mengalami gejala kanker payudara, dan bisa saja ada banyak gejala lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan kanker payudara. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa gejala kanker payudara yang ditandai bukan hanya dengan benjolan, simak ulasannya di bawah ini!

1.    Nyeri Payudara Atau Puting

Kanker payudara juga ditandai oleh timbulnya rasa nyeri pada bagian payudara atau puting. Rasa nyeri ini timbul seiring dengan adanya perubahan bentuk pada payudara. Maka, jangan sepelekan, jika tanda-tanda ini sudah mulai terasa, segera periksa apakah disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2.    Masuknya Puting Susu

Pada sebagian penderita kanker, membaliknya puting susu juga menjadi tanda-tanda adanya sel kanker. Walau sebenarnya, masuknya puting susu ini bisa saja terjadi pada wanita normal saat haid, akan tetapi jika masuknya puting ini disertai dengan perubahan ukuran payudara maka terdapat indikasi akan terjadinya kanker payudara.

3.    Timbul Kemerahan Di Sekitar Payudara

Jika payudara sudah mengalami pembengkakan, maka kulit pada permukaan payudara tersebut menjadi sangat mungkin tampak memar dan berubah warna,seperti merah, biru, hingga keunguan.

4.    Pembengkakan

Kanker payudara pasti akan membuat permukaan payudara tampak membengkak. Memang tidak terdapat benjolan disana, akan tetapi pembengkakan payudara ini yang menjadikan adanya perbedaan ukuran payudara dan terasa kencangnya kulit di bagian payudara.

5.    Perubahan Pada Tekstur Kulit

Setelah mengalami pembengkakan maka permukaan payudara juga akan mengalami peradangan dan penebalan kulit. Hal ini menyebabkan payudara mengalami perubahan tekstur kulit, seperti terasa bersisik di sekitar puting dan areola, bahkan hingga terasa panas seperti terbakar.

6.    Keluarnya Cairan Dari Puting Susu

Keluarnya cairan dari puting susu juga menjadi salah satu ciri terjadinya kanker payudara. Tentunya warna cairan yang keluar dari puting ini bukanlah cairan ASI. Warna cairan yang keluar dari bagian puting yang sudah terkena sel kanker adalah kuning, hijau atau merah. Jika ciri-ciri tersebut sudah anda temui segeralah konsultasikan dengan dokter untuk memastikan hal tersebut.

7.    Perubahan Pada Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan sekumpulan jaringan yang berfungsi untuk menghalangi dan menyaring adanya sel-sel atau cairan berbahaya yang mengandung virus atau bakteri dalam tubuh. Kelenjar getah bening ini juga menjadi salah satu bentuk pertahanan dalam tubuh dari beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

Kelenjar getah bening terletak di daerah ketiak, sehingga ketika sudah didapat sel kanker di bagian payudara menyebar, maka tempat pertama penyebarannya adalah kelenjar getah bening di bagian ketiak tersebut, dan mengakibatkan pembengkakan. 

Walaupun demikian, pembengkakan kelenjar getah bening di wilayah ketiak juga bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit lain, sehingga untuk memastikannya anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter.

Nah, yang sudah diulas merupakan gejala kanker payudara bukan hanya benjolan semata. Segera lakukan pemeriksaan dini dan konsultasi secara klinis untuk menghindari keterlambatan pemeriksaan. Untuk informasi lainnya terkait kanker payudara, anda dapat membacanya di  https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/, dan silahkan isi kolom komentar bagi anda yang ingin bertanya.

Senin, 02 Desember 2019

Kencan Sama Suami, Penting?

Akhir-akhir ini kok saya merasa semruweng gitu ya :( Semruweng, gampang uring-uringan, dan cepet merasa capek, lebih tepatnya.

Apakah ada hubungannya dengan cuaca akhir-akhir ini yang panasnya Subhanallah, nggak ketulungan? Bisa jadi.

Dan sayangnya, yang terkena imbasnya salah satunya adalah hubungan antara saya dan mas suami yang jadi agak hambar. Nggak sehangat biasanya.

Saya dan mas suami ini tipe-tipe orang yang bahasa cintanya physical touch, alias sentuhan fisik. Iya, jadi kami hobi saling ngelendot gitu, hehe. Kalo Faza udah tidur, kami saling peluk. Gitu-gitu lah pokoknya.

Nah, cuaca panas ini bikin cranky bangeettt. Apalagi di rumah nggak ada AC kan. Kipas angin juga kayaknya nggak cukup menolong. Jadi maksud hati pengen dipeluk, tapi pas udah dipeluk, aaahhh... geraaaahh!!

Jadi serba salah kan :(

Akhirnya, udah hampir dua mingguan ini saya dan mas suami jadi lebih sering asyik dengan me time kami masing-masing di jam-jam yang biasanya kami jadikan quality time bersama pasangan. Dan efeknya mulai kerasa.

Kemarin, saya berulang kali bilang ke mas suami, "Yah, I miss you...", yang tentu saja dibalas dengan, "Miss you too".

Yakin deh, itu bukan sekedar ungkapan basa-basi. Kami yang bener-bener saling ngerasa kangeeenn banget. Orang lain mungkin akan mengira kami nggak akan mungkin ngerasa saling kangen. Secara, kami kerja di satu kantor. Berangkat kerja bareng, pulang kerja bareng, di rumah pun bareng.

Tapi kalian salah kalau berpikiran seperti itu. Iya secara fisik kami selalu bersama. Nyatanya, adakalanya yang bersama benar-benar 'hanya' fisik. Minim komunikasi, hanya ngobrol sekedarnya saja. Dan ini yang bikin adakalanya kami saling ngerasain kangen.

Nah, suatu siang, sayan iseng nonton Vlognya Ussy, yang saat itu bintang tamunya adalah Sarita. (Silakan cari tau sendiri Sarita itu siapa, bagi yang belum tau, hehe).



FYI, Bu Sarita ini divorce sama pasangannya. Di vlog tersebut, Bu Sarita berpesan kepada para pasangan suami istri, agar nggak lupa meluangkan waktu untuk 'kencan' sama pasangan. Dulu, Bu Sarita dan (mantan) suaminya, adalah tipe yang kalo mau pergi cuma berdua, pasti gak tega sama anak. Lambat laun, itu ngaruh banget ke hubungan pernikahan mereka.

Ah, iya juga ya. Saya jadi kepikiran, udah lama banget gak pergi berdua hanya sama mas suami. Pasti selalu sama Faza. Ya sama senengnya sih. Cuma memang goalnya beda saat pergi hanya berdua, dengan saat pergi lengkap bareng anak.

Saya pribadi ngerasain banget manfaat dari kencan berdua sama suami. Rasanya kayak me-refresh 'rasa cinta' yang sempat terabaikan dan terkalahkan oleh segala rutinitas dan pekerjaan rumah tangga.

Jadi menurut saya, kencan berdua sama suami tanpa mengajak anak -- sesekali -- itu nggak apa-apa banget lho. Penting malah, kalo bagi saya. Nggak perlu merasa bersalah. Kan ada yaaa yang suka ngerasa bersalah sama anak. Saya juga dulu pernah merasa gitu, terutama saat Faza masih bayi.

Kadangkala kita alpa memperhatikan ini setelah ada anak. Seolah yang terpenting hanya tentang anak, anak dan anak. Sampe kadang lupa ada pasangan yang juga butuh kita prioritaskan. Bilang sayang ke anak tiap hari, bilang sayang ke suami sering lupa. Iya apa iya? Hehehehe.

Yang paling penting dalam rumah tangga itu kan bukan cuma anak. Menjaga dan memupuk rasa cinta antara suami dan istri juga nggak kalah pentingnya. Kalau orangtuanya harmonis dan penuh cinta, Insya Allah anak-anak juga ikut merasakan energi positifnya.

Bukan begitu, sodara-sodari?

Jumat, 11 Oktober 2019

Mengajarkan Pada Anak Tentang 4 Area Sensitif Tubuhnya

Akhir-akhir ini, kita sering sekali dibuat miris oleh banyaknya berita tentang pelecehan seksual terhadap anak-anak di bawah umur. Untuk kita yang punya anak balita di rumah, pasti selain miris juga akan dibikin semakin was-was. Iya kan, Bu?

Maka, selain menjaga anak kita sebaik-baiknya dari ancaman-ancaman bahaya tersebut, kita juga rasanya wajib mebekali mereka dengan bekal pengetahuan dan cara untuk melindungi diri. Rasa waspada mereka harus ditumbuhkan sedini mungkin.


Hal pertama yang harus kita ajarkan pada mereka dalam rangka melindungi mereka dari kejahatan seksual adalah tentang mengajarkan 4 area sensitif tubuhnya.

Tanamkan pada mereka bahwa 4 area sensitif di tubuhnya itu harus dijaga. Katakan pada mereka bahwa hanya keluarga dekatlah yang boleh menyentuhnya. Jika ada orang asing yang mencoba menyentuhnya, ajarkan mereka untuk berteriak, marah dan menghindar.

Apa saja sih 4 area sensitif di tubuh anak yang harus dijaga itu?

Yang pertama tentu saja alat kelamin.

Yang kedua adalah dubur.

Yang ketiga mulut.

Dan yang keempat adalah dada.

Dengan terus menerus sounding, semoga anak kita jadi punya sikap waspada dan bisa melindungi dirinya sendiri sebagai 'pertolongan pertama' saat ada bahaya mengancamnya.

Gimana lagi yaa, Bu... jaman kayak gini, memang harus serba waspada. Terutama waspada pada segala jenis ancaman kejahatan seksual yang menyasar anak-anak.


Rabu, 25 September 2019

Review Balance Bike Maynine

Pertama kali tau tentang balance bike itu saat masih hamil Faza. Taunya kalo gak salah dari artikel di the asian parent dan dari blognya Mbak Annisast tentu saja.

Reaksi saya pertama saat tau balance bike -- gak jauh berbeda -- dari reaksi pertamanya kebanyakan orang sih. Idih, sepeda kok nggak ada pedalnya? Kok aneh? Biar apa coba?


Tapi Alhamdulillahnya, saya enggak lantas berhenti mencari tau lebih lanjut meski kesan pertamanya terasa agak aneh. Saya baca beberapa artikel tentang balance bike. Setelah tau manfaatnya, saya langsung pengen banget beliin Faza balance bike.

Sejak Faza bisa jalan, saya beberapa kali survey harga balance bike secara online. Pas tau gambaran harganya, jujur aja saya agak pesimis bisa beliin Faza, karna belum ada gambaran anggarannya. Jadi sempet yang, udahlah kayaknya gak bakal beliin balance bike Faza.

Tapi Qodarullah, menjelang Ramadhan tahun ini, ada teman di grup kuliah WA Bengkel Diri yang saya ikuti, yang menawarkan PO balance bike Maynine, dengan harga enam ratus ribu rupiah saja. WOW!

Langsung deh gerak cepat diskusi sama paksu. Dan akhirnya kami mengambil keputusan untuk ikut PO-nya. Pas banget momentnya kami terima THR soalnya. Hihi.

Balance bike dikirim langsung dari Maynine Jakarta, dan kami terima kayaknya pas bulan Ramadhan, menjelang libur lebaran.

Sampai saat ini, balance bike merupakan mainan termahalnya Faza yang kedua setelah Hafidz Doll. Kenapa akhirnya memutuskan beli? Ya karna menurut saya sebanding dengan manfaatnya.

Baca: Kriteria Mainan yang Saya Belikan Untuk Faza

Review Balance Bike Maynine

Foto detail Maynine Insya Allah menyusul
Setahu saya, balance bike merk lokal masih sangat terbatas pilihannya. Dan Maynine merupakan satu dari yang sedikit itu. Itu alasan utama kenapa Maynine tergolong murah meriah. Karna dia produk lokal.
Saat barang datang, ayahnya Faza sempet agak bingung ngrakitnya. Karna di dalam kardus, nggak ada manual perakitannya. Tapi setelah otak-atik ya akhirnya bisa sih.

Dalam waktu seminggu kalo nggak salah, sadel bagian belakangnya  udah ngelupas. Haha.

Gara-garanya, karna Faza masih agak takut (karna masih awal-awal), jadi sadelnya sengaja dibikin ayahnya di posisi paling rendah, Eh ternyata saat dipake jalan, sadel bagian belakangnya tuh bergesekan sama roda sepeda. Padahal itu cuma beberapa kali pake lho. Artinya, bahan sadelnya kurang kuat sepertinya.

Rodanya sendiri merupakan tipe roda tubeless, alias roda tanpa ban dalam. Konon roda ini anti kempes ya kalo gak salah. Tapi ya kalo udah licin gak ada geriginya itu, ya artinya harus beli baru rodanya.

Bahan kerangka sepeda maynine ini terbuat dari besi. Kuat sih, tapi bukan yang besi anti karat. Jadi sepedanya Faza, sudah berkarat di beberapa bagian.

TAPI, semua kekurangan di atas bagi saya sangat bisa dimaafkan, mengingat harganya yang sangat ramah di kantong saya pribadi. Yang penting gak mengurangi manfaat utama dari balance bike. Itu prinsip saya. Nanti kalo pas Faza punya adek, terus balance bike-nya ternyata udah rusak, ya udah beli lagi aja. Hehehe.

Bagi kalian yang punya budget lebih dan berprinsip mahal gak papa asal awet sih sepertinya mending pilih merk lain seperti london taxi atau strider.

Manfaat Balance Bike 


Meski di atas saya sudah sedikit menyinggung tentang manfaat balance bike, yaitu untuk melatih keseimbangan, saya pengen memaparkan lagi manfaat yang saya lihat sendiri dari Faza sejak dia sering pakai balance bike.

Di daerah tempat tinggal saya, kayaknya Faza anak pertama yang pakai balance bike. Jadi gak heran banyak banget yang komentar dan tanya soal balance bike ke saya. Dari pertanyaan yang paling awam seperti; kok sepeda gak ada genjotannya?, sampai pertanyaan yang lebih spesifik; apa manfaatnya?

Oh, satu lagi. Banyak juga yang ngira, balance bike ini dikhususkan untuk anak dengan kondisi khusus seperti Faza yang flat foot. Jadi sekalian di sini saya tegaskan, TIDAK ya. Balance bike itu sama seperti sepeda pada umumnya, yang bisa dipake dan bermanfaat untuk semua anak -- tanpa kondisi tertentu sekalipun.

Baca: Tentang Flat Foot-nya Faza

Setelah Faza intens pake balance bike, beberapa manfaat yang saya lihat adalah:

1. Keseimbangannya jadi jauh lebih terlatih. Dia udah sampe pada fase ngebut, lalu dua kakinya diangkat gitu. Duh, susah jelasinnya. Pokoknya kayak naik sepeda biasa gitu, cuma nggak genjot aja.

2. Lebih mandiri. Balance bike tuh ringan. Jadi kalau mau sepedaan, dia bisa ambil sepedanya sendiri, parkir sendiri. Terus kalo ikut saya belanja, saya suruh dia naik sepeda. Ini bikin dia gak bergantung sama saya. Karna saya jalan kaki, terus dia pengen ngebut, dia gak merasa harus nungguin saya.

3. Membangun kepercayaan diri. Yang saya lihat, Faza terlihat jadi jauh lebih percaya diri sejak pake balance bike. Teman-temannya kebanyakan kan pake sepeda roda 3. Itu kan susah banget ya kalo digenjot. Gak bisa ngebut. Nah, Fazanya jadi terlihat pede gitu, 'kok aku bisa lebih cepet ya', gitu. Karna balance bike mudah banget di-handle anak. Itu bikin dia makin percaya diri.

Semoga review dan cerita saya soal balance bike bermanfaat yaaa, Bu. Semoga bisa jadi lebih yakin bagi yang sedang mempertimbangkan mau beli atau enggak :)